SARJANA SASTRA INDONESIA

Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum.

Blog Post Image
Administrator | 10 Nov, 2025

Profil Dosen

Nama Lengkap

Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum.

Jabatan Fungsional

Guru Besar

Tempat dan Tanggal Lahir

Gowa, 29 September 1966

Alamat Rumah

BTN Minasa Indah

Alamat Kantor

Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya Unhas

Alamat email

Asriani.abbas66@gmail.com

Lulusan yang dihasilkan

± 150 orang (mahasiswa bimbingan)

Mata Kuliah yang diampu

1. Bahasa Indonesia MKDU

2. Bahasa Indonesia Akademik

3. Morfologi Bahasa Indonesia

4. Sintaksis Bahasa Indonesia

5. Problematika Bahasa Indonesia

6. Sejarah Pengkajian Bahasa Indonesia

7. Morfosintaksis Bahasa Indonesia

8. Teori-teori Linguistik Timur dan Barat

9. Metodologi Penelitian

10. Analisis Kesalahan Berbahasa

11. Seminar Praskripsi Bahasa Indonesia

12. Semantik Bahasa Indonesia

13.Metode Penelitian Bahasa dan Budaya

 

Riwayat Pendidikan

Jenjang

Gelar Akademik

Perguruan Tinggi

Tahun 

S1

Doktoranda

Universitas Hasanuddin

1985-1990

S2

Magister Humaniora

Universitas Hasanuddin

1999-2002

S3

Doktor

Universitas Hasanuddin

2008-2014

 

Guru Besar

Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Rapat Paripurna Senat Akademik terbatas dalam rangka upacara penerimaan jabatan profesor bagi empat guru besar baru dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan berlangsung pada Selasa, 15 Oktober 2024, mulai pukul 08.30 WITA di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Senat Akademik Unhas.

Salah satu guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum., Guru Besar dalam bidang Ilmu Linguistik Teoritis Morfologi dari Fakultas Ilmu Budaya, dengan nomor keanggotaan Senat 528.

Dalam pidato ilmiahnya yang berjudul “Bahasa Gaul sebagai Refleksi Kreativitas Berbahasa Lintas Generasi: Kajian Morfologi”, Prof. Asriani mengangkat fenomena bahasa gaul sebagai bentuk ekspresi diri dan penanda identitas, khususnya di kalangan generasi Z. Ia menjelaskan bahwa bahasa gaul merupakan hasil modifikasi dari bahasa Indonesia baku, yang digunakan secara kreatif oleh remaja dalam interaksi sosial, terutama di media digital.

“Bahasa generasi Z di media sosial menjadi arena pertarungan antargenerasi. Masing-masing kelompok menciptakan plesetan dan kode bahasa yang hanya dipahami oleh komunitas seangkatannya,” ujar Prof. Asriani.

Ia menekankan bahwa fenomena ini, jika dikaji dari sudut morfologi, menunjukkan bahwa bahasa Indonesia memiliki daya lenting dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan teknologi dan dinamika sosial lintas generasi. Kreativitas linguistik generasi muda menjadi bukti bahwa bahasa Indonesia mampu bertahan dan berkembang dalam arus globalisasi yang bersifat personal dan kontekstual.

Lebih lanjut, Prof. Asriani menguraikan bahwa dalam proses morfologis, bentuk-bentuk abreviasi dalam bahasa gaul dapat diklasifikasikan ke dalam empat tipe utama: singkatan, akronim, penggalan, dan kontraksi. Keempat tipe ini terbentuk dari perpaduan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa Inggris.

Di akhir paparannya, Prof. Asriani mengingatkan pentingnya menjaga eksistensi bahasa nasional dan bahasa negara. Menurutnya, pelestarian bahasa Indonesia harus menjadi prioritas bersama, melampaui dominasi bahasa asing dan bahasa gaul, melalui pemikiran cemerlang dan kolaborasi lintas sektor. (*)

 

Pengalaman Penelitian (5 Tahun Terakhir)

 

Tahun

Judul Penelitian

 Sumber

2020

Dialek Makassar sebagai Penanda Kesantunana dalam Berbahasa Indonesia

PDU

2022

Metode Jigsaw Berbasis Audiovisual pada Era Pandemi Covid-19: Suatu Inovasi untuk Meningkatkan KapasitasSiswa Menulis Karya Ilmiah Bertema Kearifan Lokal pada Sekolah Penggerak di Kota Makassar

 

PDU LP2M

Unhas

  2023

Metode Jigsaw Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Hibrid Pasca Pandemi Covid-19: Suatu Inovasi Peningkatan KapasitasSiswa Menulis Karya Ilmiah Indonesia-Inggris Bertema Muatan Lokal Pada Sekolah Model Di Kabupaten Maros

 

PFKUH

LP2M Unhas

2023

Lanskap Linguistik pada Tulisan Mobil Truk di Sulawesi Selatan

PFK LP2M Unhas

2023

Implementation of the Post-Covid-19 Audiovisual-Based Jigsaw Method: An Innovation to Increase the Capacity of Junior High School Teachers in Maros Regency, Indonesia

PFK LP2M

Unhas

2023

Audiovisual-Based Jigsaw Method in Post-COVID-19 to Increase Students' Capacity in Indonesia

PFK LP2M Unhas

 

Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat (5 Tahun Terakhir)

Tahun

Judul Pengabdian Kepada Masyarakat

 Sumber

2020

Membangun Karakter Bangsa melalui Bahasa, Sastra, dan Budaya di Desa Bontobiraeng

Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

DIPA Unhas

2020

Memperkuat Glokalisasi di Era Globalisasimelalui              Penguatan Bahasa Nasional    danInternasional            di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Mangarabombang

 

Mandiri

2020

Penyebaran Gagasan        Kearifan     Lokal Pendampingan Pembuatan Pupuk Alamiah

Berbasis Nilai-nilai Tradisional di Kecamatan Tamalanrea

Fakultas Ilmu Budaya

2020

Konservasi Ritual Maudu’ Sossorang I Kare Supa Danda Karaeng Mase Tunirannuangta Ri Laikang Kabupaten Takalar

Mandiri

2021

Efektivitas Penggunaan Bahasa Indonesia danBahasa Inggris dalam Interaksi Sosial MasyarakatEtnik

Mandiri

2022

Membangun Karakter Bangsa melalui Bahasa, Sastra, dan Budaya di Desa Bontobiraeng Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa

LP2M Unhas

2022

Peningkatan Kapasitas Siswa Sekolah Penggerak  dalam Menulis Karya Ilmiah Berbasis Audiovisual diKota Makassar

Mandiri

 

2022

Mensinerjikan Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam Peningkatan Kapasitas Berkomunikasi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Maros

Mandiri

 

2022

Peningkatan Kapasitas Siswa Sekolah Penggerak Dalam Menulis Karya Ilmiah Berbasis Audiovisual di Kota Makassar

Mandiri

2022

Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Pada Ritual Maullid Nabiullah Muhammad SAW di Kabupaten Takalar

Mandiri

2023

Implementasi Metode Jigsaw Berbasis Audiovisual Pascapandemi Covid-19: Suatu Inovasi PeningkatanKapasitas Guru Menulis Karya Tulis Ilmiah di SMPNegeri 13 Bontoa Kabupaten Maros

PPMU-FKUH

2024

Implementasi Metode pembelajaran Hibrid Pasca Covid-19: Inovasi Peningkatan Kapasistas Siswa Menulis Karya Ilmiah Inggris-Indonesia pada Sekolah Model di Kabupaten Maros

LP2M Unhas

2024

Membangun Karakter Melalui Pengabdian kepada Masyarakat

Departemen Sastra Indonesia

 

Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Jurnal (5 Tahun Terakhir)

Tahun

JudulArtikel

Vol/No.

Nama Jurnal

2020

Distributive Numerals in Buginese Language:Morfo syntax Analysis

ISSN:      2581-7922,

Volume 3Issue 5, September-October 2020

International Journal of Arts and Social Science link http://www.ijassjourn

al.com publikasi 4146575949

2020

MeningkatkanKemmapuan Siswa SMA Negeri 1 Batauga Memahami Nilai dalam Folklore Wandiudiu Hasanuddin University

Volume 8,Nomor 1,

Juni 2020 E-ISSN:

2621-5101 P- ISSN:2354-7294

 

 

Jurnal Ilmu Budatya (JIB)

2020

 

The AplicationEffectiveness of theJigsaw-TypeLearning Model to the English Students at Hasanuddin University

Volume 3, Issue6

Desember 2020

International Journal of Art and Social Science (IJASS) ISBN 2581-7922 ID

Publikasi 4146575143

Link http://www.ijassjourn al.comeditor@ijassjournal.c om

2021

Artificial Intelegence Machine Translation Accuracy in TranslatingFrench-Indonesan

Culinary Texts

Volume 12 No.3,

2021 (Scopus Q4, SJR 0.16 danWos)

International Journal of Advanced Computer Science and Applications

2021

The Organizationof Personal Pronouns in Sentence StructureConstruction of Makassarese Language

Volume 13,Number

1, January 2021

Journal of Language Teaching and Research(JLTR), print ISSN 1798-4769;

Online ISSN  2053-

0684

Link http://www.academypublication.com/jltr

2021

Analisis Gambaran dan Implementasi “Andingingi” sebagai Ritual AdatSuku Kajang di ExpresTana Toa: Kajian Etnografi

Vol.1 No.5Desember 2021

 

JOEL: Journal of Educational and Language Research

ISSN: 2633-3538

2023

Expression of Angerin the Makassar Dialectin Indonesia

Volume:

5| Number 10 |pp. 1379

– 1385 ISSN:2633-

352X (Print)

International Journal of Religion 2024 ISSN:2633-3538 (Online) ijor.co.uk DOI:

https://doi.org/10.61707

/yzaxet57

2024

Audiovisual-Based Jigsaw Method in Post-COVID-19 to Increase Students’ Capacity In Indonesia

Volume 7 Issue 2, 2024

 

ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities DOI: https://doi.org/10.34050/elsjish.v7i2.35083

2024

American Dreams on the Frontiers Community in Cather's My Antonia

Volume 7 Issue 2, 2024

ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities

2024

Hybrid Learning Methods Implementation of Post-Covid-19: Innovation to Increase Students' Capacity to Write Indonesian-English Scientific Papers at Model Schools in Indonesia

Volume 7 Issue 7, July 2024

International Journal of Arts and Social Science

www.ijassjournal.com ISSN: 2581-7922

2024

Indonesian Learning for Korean Students at Jakarta International School: An Observational Overview of Teaching Method

4th International Conference on Linguistics and Culture (ICLC-4 2023)

Atlantis Press

2024

Sound Correspondence in Buginese and Makassarese: A Comparative Linguistics

 

Volume: 5| Number 10 | pp. 1635 – 1644 ISSN: 2633-352X (Print) | ISSN: 2633-3538 (Online) ijor.co.uk

International Journal of Religion 2024 DOI: https://doi.org/10.61707/hddjk002

2024

Training in Indonesian Language and Literature Teaching Models Based

on the National Curriculum for Elementary, Middle, and High School

Teachers in Gowa Regency by the Department of Indonesian Literature,

Faculty of Cultural Sciences, Hasanuddin University

Vol. 8, No. 6 Desember 2024, Hal. 1682-1689

 

Jurnal DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i6.24454

 

2025

Peran Praktik Ramadhan dalam Meningkatkan Manajemen Waktu dan Diri pada Remaja Muslim

Vol. 2 No. 4 (2025), Hal. 598-606

Journal of Knowledge and Collaboration
DOI: 

https://doi.org/10.59613/kkwzr943

2025

 

Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru di SMA Negeri 1 Sidrap

 

Vol. 6, No. 1, Februari 2025

Copyright © 2025 pada penulis Madaniya,

2025

 

Determinasi Pertumbuhan Ekonomi di ASEAN-6: Peran Keterbukaan Perdagangan, Investasi Asing Langsung, dan Produktivitas Tenaga Kerja

 

 ISSN (Online): 2614-2546 Volume 8 Nomor 2, Juli 2025

Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP)
DOI: 10.33005/jdep.v8i2.768

2025

The Vowel Structure of Proto-Makassar: A Phonological Reconstruction of Five Dialects

Vol. 16, Iss. 3,  (May 2025): 880-888.

Journal of Language Teaching and Research; London

DOI:

10.17507/jltr.1603.18

2025

Revitalizing Teachers' Skills in Writing Scientific Papers Through the Jigsaw Approach: Revitalisasi Keterampilan Guru dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah Melalui Pendekatan Jigsaw

Vol. 9, No. 4 Agustus 2025, Hal. 1276-1284

Jurnal DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

2025

Unleashing Creativity: Mentorship Program for Enhancing Junior High School Teachers' Scientific Writing Skills

Vol. 1, No. 1 Maret 2025, Hal. 19-25

CERGAS: Journal of Community Empowerment Research and Global Action Studies

 

Pengalaman Penyampaian Makalah secara Oral pada Seminar Ilmiah

Tahun

NamaPertemuan Ilmiah/seminar

Judul ArtikelIlmiah

Waktu dan tempat

2020

Proceedings of the 2nd International Conference ofLinguistics andCulture (ICLC-2 2021) Series:

Advances in Social Science,Education and Humanities Research

Makassar Language Empowerment on the Use of IndonesianLanguage inNon- Formal Communicatio

ISBN: 978-94-

6239-499-5

DOI

https://doi.org/10.2991/assehr.k.211226.048Howto use a DOI?

2022

International Congress on Linguistics Society (KIMLI 2021) Series: Advances inSocial, Science,Education andHumanitiesResearch

The Use of the Makassar Dialect of Indonesian in the Native Speakers in The Gowa District

ISBN: 978-94-6239-499-5

ISSN: 2352-5398

 

 

 

 

2023

Narasumberpada kegiatan seminar nasional di Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Peran Pendidik dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa

Universitas Muslim Indonesia (UMI)

2023

Tenaga Pendidik dan Kurikulum sebagai Penyanggah dalam

Pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

pada Era Society 5.0

 

 

 

Prosiding Konferensi Internasional Kesusastraan XXXII HISKI

Samarinda, 17-18 November 2023

2025

Narasumber pada acara Speak Up Unhas tv

 

Evolusi Bahasa Gaul di Era Digital; Refleksi Kreativitas Berbahasa Lintas Generasi”

 

  

 

UNHAS SPEAK UP Edisi Selasa, 21 Oktober 2025 (11.00 WITA)

 

 

Sumber Media:

Identitas

FAJAR

Unhas TV

 

previous
FIB Unhas Builds Integrity Zone: Challenges and Stages Toward WBK-WBBM
next
Bersama Sastra Indonesia Unhas, Mahasiswa Universitas Teknologi Hefei Tiongkok Jelajahi Pesona Bantimurung